Rabu, 19 Oktober 2011

::.. RESUM 1 TDA ..::

Dosen : Ayuningtyas, S.Kom.,M.MT.,- MOS


Software Crisis




Software Crisis atau yang disebut krisis perangkat lunak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dampak kenaikan pesat dalam kemampuan komputer dan kompleksitas masalah yang dapat ditangani.

Akar krisis perangkat lunak kompleksitas, harapan, dan perubahan. Berbagai proses dan metodologi telah dikembangkan selama beberapa dekade terakhir untuk "menjinakkan" krisis perangkat lunak, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Namun, secara luas disepakati bahwa tidak ada "peluru perak" - yaitu, tidak ada pendekatan tunggal yang akan mencegah overruns proyek dan kegagalan dalam semua kasus. Secara umum, proyek perangkat lunak yang besar, rumit, buruk-ditentukan, dan melibatkan aspek asing, masih sangat rentan untuk besar, masalah yang tak terduga.

Pelopor rekayasa perangkat lunak adalah Barry Boehm, Car Hore , David Parnas.


Sumber Klik Disini !



 Aplikasi


Aplikasi adalah penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi pokok
pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat
untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Aplikasi software yang
dirancang untuk penggunaan praktisi khusus, klasifikasi luas ini dapat dibagi menjadi 2
(dua) yaitu:
1. Aplikasi software spesialis, program dengan dokumentasi tergabung yang
dirancang untuk menjalankan tugas tertentu.
2. Aplikasi paket, suatu program dengan dokumentasi tergabung yang dirancang
untuk jenis masalah tertentu.


Sumber Klik Disini !


Dokumentasi

Dokumen adalah suatu catatan yang dapat dibuktikan atau dijadikan bukti dalam suatu masalah atau persoalan. Sedangkan dokumentasi adalah kegiatan atau proses pekerjaan mencatat atau merekam suatu peristiwa dan objek atau aktifitas yang dianggap berharga dan penting.


Membuat suatu dokumentasi memang akan menghabiskan waktu dan mungkin membosankan dan mungkin juga kita akan bertanya tanya mengapa kita harus menghabiskan waktu untuk membuat dokumentasi sementara kita sudah disibukkan dengan perkerjaan pekerjaan rutin. Kenyataannya dengan mempunyai dokumentasi yang baik kita akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti:

   1.

      Dokumentasi bisa menjadi penolong saat terjadi suatu masalah, dokumentasi akan berfungsi sebagai referensi untuk memandu kita dalam melakukan atau mencari penyelesaian suatu masalah.
   2.

      Dalam suatu bidang pekerjaan dokumentasi bisa berfungsi membantu dalam melatih karyawan baru, karyawan baru akan lebih cepat belajar jika ada dokumentasi yang rinci sebagai referensi sehingga akan menghemat waktu dan biaya.

Dari keuntungan tersebut dapat saya simpulkan kalau dokumentasi digunakan pada saat setiap kita melakukan pekerjaan atau transaksi sehingga kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang sudah kita kerjakan.

misal kita bekerja dibagian keuangan (Bendahara), kita harus mencatat setiap pengeluaran apa saja sehingga pada saat pembukuan kita mempunyai rekapan data tesebut..

atau misalkan kita bekerja dibagian gudang, kita harus mencatat setiap pengeluaran yang ada agar kita tau barang apa saja yang sudah mendekati stok minimum sehingga nantinya kita dapat melaporkan ke bagian pembelian..


begitu juga kalau berhubungan dengan aplikasi, bagian keuangan menerima rekapan pemasukan maupun pengeluaran. misal disini pihak bank,mereka melakukan perekapan data secara everytime sehingga customer tidak kehilangan kapan mereka mengambil uang maupun pada saat menabung. begitu juga pihak bank kalau ada keterlambatan dalam pencatatan maka pembukuan akan berantakan karena tidak sesuai dengan kenyataannya.



Sumber Klik Disini !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes